Bersenang-senanglah di Dunia Maya dan Dunia Nyata

Monday, June 6, 2011

Tutorial Cara Membuat Forum Internet [BAB 1]

Sebelumnya saya pernah membuat tutorial mengenai cara membuat forum diskusi, namun waktu itu saya membuat tutorialnya tidak dengan gambar, dan banyak juga pembaca yang masih belum jelas betul mengikuti tutorialnya, nah berikut ini adalah merupakan tutorial cara membuat forum diskusi yang sama seperti sebelumnya namun dalam versi yang berbeda, karena dalam versi ini saya akan memberikannya dengan gambar agar lebih jelas. Ok, berikut tutorial/ langkah-langkah dalam membuat forum diskusi, dan forum diskusi kali ini akan saya buat menggunakan SMF!
1. Beli Domain terlebih dahulu, apa itu domain, domain itu adalah alamat website yang nantinya kita gunakan, misalnya saja ForumHasi.Com, dan untuk membelinya bisa di situs penyedia layanan webhosting, misalnya saja di : Masterweb.Net, iixmedia.com, dapurhosting.com, ardhosting.com, qwords.com, rumahweb.com dsb. Untuk membeli domain sebagai contoh saya gunakan iixmedia.com, untuk membeli domain silahkan cari menu DOMAIN, dan kemudian tentukan domain apa yang anda kehendaki, untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar berikut ini:
Note: Saya memberikan tutorial sesuai dengan keadaan sewaktu posting ini dibuat, jadi apabila ada perbedaan saya tidak bertanggung jawab, silahkan berkomentar saja kalau bingung.
Pilih menu DOMAIN


Pilih Link untuk mencari nama domain, yang nantinya bisa anda gunakan sebagai alamat web anda

-Lalu kemudian silahkan cari nama domain yang anda inginkan, sebagai contoh saya gunakan domain ForumHasi.Com, dan apabila di cek masih tersedia maka anda bisa menggunakan domain tersebut. Cek Gambar di bawah ini.



Lalu Kemudian anda pilih “pesan sekarang” dan anda akan di bawa ke halaman selanjutnya yaitu di bagian NameServer, maka jangan lakukan perubahan apapun, maka next saja.

Di next saja sampai pada langkah terakhir. Nah pada langkah terakhir ini kita akan disuruh mengisi biodata, maka silahkan isi biodata dengan data yang benar, khususnya pada bagian Email. Nah, setelah itu nanti anda akan diminta mentransfer uang untuk pembelian domain tersebut, anda akan diberikan nomor rekening untuk melakukan transfer, silahkan transfer dan lakukan konfirmasi melalui menu konfirmasi. Nah, pada langkah ini anda sudah memiliki domain!.
2. Pesan Hosting. Hosting ini digunakan untuk menampung seluruh file-file kita nantinya, lalu bagaimana cara menyewa hosting tersebut?, silahkan ikuti tutorialnya, kali ini saya akan memberikan gambaran tentang cara menyewa hosting. Kali ini saya akan menggunakan jasa masterweb.net untuk menyewa hosting.
-Masuk ke masterweb.net, lalu pilih menu Hosting

-Lalu pilih hosting seperti pada gambar berikut yang saya lingkarkan merah:



-Lalu kemudian pilih lah paket hosting yang ingin anda gunakan, saran saya silahkan pilih paket bisnis B yang Cpanel, (cek pada bagian paling bawah) untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut ini:

-Lalu setelah anda ORDER maka anda akan di bawa ke halaman selanjutnya, lalu masukan domain yang anda sudah beli tadi, dan kemudian next, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut ini:

-Lalu pada langkah ini silahkan anda NEXT terus saja, kemudian ketika anda disuruh untuk mendaftar (mengisi biodata), maka silahkan isi biodata anda, dan pastikan alamat email yang anda gunakan adalah alamat email yang benar, yang bisa di akses. Setelah itu anda akan disuruh mentransfer uang ke nomor rekening yang diberikan oleh pihak masterweb.net, setelah anda mentrasfer uang tersebut maka dilangkah selanjutnya anda bisa melakukan konfirmasi. Setelah konfirmasi berhasil maka anda akan memperoleh USERNAME danPASSWORD untuk masuk ke CPanel, USERNAME dan PASSWORD itu dikirimkan ke alamat email anda yang sebelumnya anda isikan. Nah, berarti anda sudah memiliki domain dan Server/Hosting, untuk langkah selanjutnya kita akan melakukan instalasi wordpress, Ok bersambung ya tutorialnya ke bagian 2, ikuti terus Postingan dari Blog Diaz nanti akan disambung ke BAB 2



0 Comment:

Post a Comment