Bersenang-senanglah di Dunia Maya dan Dunia Nyata

Sunday, February 19, 2012

Sedikit Tips Tentang Perbedaan HSDPA dan UMTS


Dalam kesempatan kali ini saya akan memposting penjelasan tentang perbedan HSDPA dan UMTS dan postingan kali ini bisa membantu anda menambah referensi ber internet.

langsung saja simak :

Teknologi Generasi ketiga (3G)
UMTS merupakan kelanjutan dari teknologi GSM/GPRS dimana perbedaan utamanya adalah kemampuan akses data yang leb
ih cepat. UMTS telah memilih teknik modulasi WCDMA (Wideband CDMA). UMTS Memiliki kecepatan transfer data cepat (144kbps-2Mbps) sehingga dapat melayani layanan data broadband seperti internet, video on demand, music on demand, games on demand, dan on demand lain yang memungkinkan kita dapat memilih program musik, video, atau game semudah memilih channel di TV. Kecepatan setinggi itu juga mampu melayani video conference dan video streaming lainnya.
Kelebihan 3G dari generasi-genersi sebelumnya :
1. Kualitas suara yang lebih bagus.
2. Keamanan yang terjamin.
3. Kecepatan data mencapai 2 Mbps untuk local / Indoor / slow-moving access dan 384kbps untuk wide area access.
4. Support beberapa koneksi secara simultan, sebagai contoh, pengguna dapat browse internet bersamaan dengan melakukan call (telepon) ke tujuan yang berbeda.
5. Bisa menangani packet-and circuit-switched service termasuk internet (IP) dan videoconferencing. Juga high data rate communication services and transmissions.
6. Efiensi spektrum yang bagus, sehingga dapat menggunakan secara maksimum bandwidth yang terbatas.
Yang termasuk dalam Teknologi 3G : EDGE, UMTS.

Teknologi Generasi ketiga setengah (3.5G)
Teknologi 3,5 G dikenal sebagai teknologi HSPA ( High Speed Packet Access). Teknologi HSPA merupakan teknologi dari penyatuan dari protocol teknologi mobile sebelumnya, sehingga memperluas dan menambah kemampuan (terutama dari sisi kecepatan transfer data) dari protokol UMTS yang telah ada sebelumnya. Karena adanya perbedaan kemapuan (downlink dan uplink) tersebut HSPA di bagi menjadi 2 standar :

1. HSUPA ( High Speed Uplink Packet Access )
Merupakan standar HSPA dengan kemampuan dari sisi kecepatan transfer uplinknya ( dari handset ke jaringan ), dimana secara teori HSUPA dapat mencapai kecepatan uplink hingga 5,76 Mbps. Tetapi HSUPA ini tidak di Implementasikan ( dikomersialkan ) sehingga handsetnya tidak dibuat.

2. HSDPA ( High Speed Downlink Packet Access )
Merupakan standar HSPA dengan kemampuan dari sisi kecepatan transfer downlinknya (dari jaringan ke handset), dimana HSDPA dapat mencapai kecepatan downlink 7.2 Mbps dan secara teori dapat ditinggkatkan sampai kecepatan 14.4 Mbps dengan maksimum uplink 384 kbps. HSDPA selain dapat digunakan oleh handphone, tetapi dapat pula digunakan oleh Notebook untuk mengakses data dengan kecepatan tinggi.

Sumber : Blogger Lenzoo



2 comments:

  1. kita juga punya nih jurnal hsdpa, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2416/1/03-01-012.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    ReplyDelete
  2. Anonymous16:07

    @choco's is mooviie : Terima kasih atas masukan anda.

    ReplyDelete