Bersenang-senanglah di Dunia Maya dan Dunia Nyata

Sunday, September 23, 2012

Rakuten Kembangkan Bisnis Online di Indonesia



Pada 1990-an, jaringan internet di Indonesia sedikit sekali penggunanya dan sulit untuk berakselerasi. Kini, di era teknologi informasi, banyak cara yang bisa digunakan oleh siapa pun untuk berinternet.

Salah satu yang berkembang adalah bisnis online (e-commerce). Sekarang, untuk membeli barang, seseorang tidak perlu datang langsung kepada penjualnya dan melakukan proses tawar-menawar. Kini, Anda dapat membeli produk secara online, hanya tinggal mencari jenis barang yang dibutuhkan dan mencarinya di situs online. Salah satunya adalah situs online Rakuten, yang berdiri sejak 1997. Situs belanja online ini merupakan salah satu yang terbesar di Jepang. Di situs belanja online ini Anda bisa membuka toko online sendiri, dan Rakuten adalah situs induknya.


Pada Juni 2011, Rakuten membuka pasarnya di Indonesia, dengan domain rakuten.co.id. Dengan beragam fasilitas yang disediakan, Rakuten berharap dapat membangkitkan dunia usaha di Indonesia, khususnya di bidang bisnis online. "Pendiri Rakuten dari Jepang, Hiroshi Mikitani, melihat prospek yang bagus untuk membuka market-nya di Indonesia. Ini dilihat dari orang Indonesia yang gila gadget, dan gadget berhubungan dengan internet," kata Budi Susilo, Partnership Development Manager, Rakuten Indonesia. Ia menambahkan, saat ini, orang-orang masih jarang berbisnis online.

Apalagi yang usianya di atas 40 tahun, mereka agak gagap teknologi. "Dengan adanya Rakuten, dan dengan adanya seminar ini, kami mengedukasi masyarakat untuk lebih terbuka lagi dengan prospek yang baik dari bisnis online," ujar Budi Susilo.

Rakuten menyediakan berbagai fasilitas bagi orang-orang yang mau berbisnis online, seperti mempromosikan dan menyediakan manajer toko online. "Saat ini, orang yang berbisnis online selalu mengerjakannya sendiri, mau mencari trafik, jualan, dan kirim barang semuanya sendiri.

Di Rakuten sistemnya beda. Kami memberikan fasilitas manajer toko untuk membantu meningkatkan penjualan dan berjualan," tambah Budi Susilo. Selain itu, bisnis online di Rakuten ini bisa digunakan oleh usaha kecil dan menengah (UKM) serta industri besar.

Dengan trafik dari Sabang sampai Merauke ini akan menarik para pembeli. UKM dan industri besar juga bisa menggunakan Rakuten untuk membangkitkan brand mereka. (viva[dot]co.id)



0 Comment:

Post a Comment