Bersenang-senanglah di Dunia Maya dan Dunia Nyata

Sunday, September 16, 2012

Cara Memperbaiki Windows 7 Black Screen

Kali ini saya akan memposting Cara Memperbaiki Windows 7 Black Screen, karena kejadian black screen ini saya alami tadi siang,saya pertama tidak tahu dan saya seperti pernah mendengar black screen dan ternyata benar nama permasalahannya black screen.

Rata-rata kronologi masalah ini seperti berikut:
Windows 7 Black Screen ini terjadi setelah user berhasil login tetapi windows tidak bisa start up secara normal, yang ada hanya tampilan layar gelap dengan kursor mouse yang masih bisa digerak-gerakan.

Berdasarkan pengalaman saya untuk memperbaiki windows 7 black screen tersebut saya mencoba masuk ke Windows Safe Mode, dan bisa tetapi layanan akses nya terbatas dan serial portnya juga terbatas kemudian saya matikan dahulu laptopnya dalam beberapa menit, windows hanya menampilakan layar hitam dan tidak bisa diapa-apakan lagi. kemudian saya nyalakan lagi laptop saya dan apa yang terjadi ternyata laptop saya berjalan normal lagi, alhamdullilah.

Cara lain memperbaiki black screen windows 7 yaitu dalam tahap perbaikan komputer yaitu dengan mencoba mengembalikan setingan Windows ke kondisi sebelumnya lewat utility System Restore, dan Alhamdulillah dengan cara ini error windows 7 black screen bisa diperbaiki.

Berikut cara saya memperbaiki tampilan Windows 7 Black Screen dengan menggunakan utility System Restore:

1. Seperti biasa, masuk ke menu Advance Boot Option dengan menekan tombol F8 pada saat Windows akan startup.
2. Pilih Repair Your Computer
3. Pada jendela System Recovery Option pilih (klik) tool System Restore
4. Pilih Restore Point yang merupakan tanggal dimana setingan Windows akan dikembalikan (restore). Untuk melihat restore point yang lain bisa dilakukan dengan mengklik tombol Show more restore points. Klik Next untuk melanjutkan.
5. Ikuti langkah berikutnya dimana Windows akan merestart dan memulai proses restore
6. Setelah proses restore system windows berhasil, kita coba untuk login lagi. Apabila tidak bisa login, misal karena ada service yang tidak berfungsi coba komputer direstart kembali.
7. Dengan cara diatas kerusakan Windows 7 Black Screen berhasil diperbaiki.

Selain dengan menggunakan utility System Restore, untuk memperbaiki Windows 7 Black Screen ini kita juga bisa menggunakan FixShell dan berikut caranya :

1. Download terlebih dahulu aplikasi fixshell.exe disini
2. Masuk ke menu Advance Boot Option dengan menekan F8 dan pilih Windows Safe Mode with Command Prompt.
3. Jalankan perintah: sfc/ scannow untuk memperbaiki windows system file dan mengembalikan explorer.exe
4. Apabila jendela windows explorer sudah bisa berfungsi, jalankan aplikasi fixshell.exe diatas.
5. Restart Komputer.

Demikianlah cara untuk memperbaiki tampilan Windows 7 Black Screen atau kata kerenya juga dengan istilah Black Screen Of Death (BSOD), yaitu dengan menggunakan utility system restore atau aplikasi fixshell.(catatanteknisi.com)

<--------------------------------------------------------------------------------->

NEW UPDATE!!!

Apabila Cara diatas gagal, coba dengan cara berikut ini:

Masalah Start Menu Hilang
Desktop tidak menampilkan apapun - Jalankan System Restore dari keyboard.a

Desktop computer hanya menampilkan layar kosong. Semua icon tidak muncul, tombol Start Menu lenyap, dan Taskbar hilang. Hebatnya lagi, klik-kanan desktop pun tidak berfungsi.
Mengapa bisa demikian ? apa penyebabnya ? dan bagaimana solusinya ?

Masalah diatas lebih banyak disebabkan oleh infeksi suatu virus, dari beberapa kasus yang saya temui kebanyakan disebabkan oleh virus/Trojan yang bernama Virut dengan berbagai variant-nya.
Meski demikian, problem ini juga bisa timbul karena kerusakan sistem operasi (Windows) meski jarang sekali.

Mengatasi masalah ini sebennarnya tidaklah terlalu sulit dan rumit. Dengan urutan langkah yang benar, masalah akan dapat diatasi dengan cepat dan tidak terlalu membuat kepala pusing.
Dengan System Restore, akan bisa diatasi dengan mudah dan ... aman. Berikut ini yang mesti dilakukan.

Jalankan System Restore dari keyboard

1. Masuk ke Task Manager, dalam kondisi normal hal ini gampang dilakukan dengan klik-kanan taskbar, tetapi klik-kanan sedang tidak berfungsi. Jadi gunakan keyboard dengan menekan bersamaan tiga tombol : Ctrl + Alt + Del , muncul jendela Windows Task Manager.

2. Pada tab Application, klik tombol [ New Task... ], muncul jendela Create New Task.

3. Isi atau ketikan kata [ restore ] tanpa tanda kurung, dan klik OK. Muncul jendela eksplorer Restore

4. Pada kolom Name pilih file [ rstrui.exe ], jalankan file ini dengan klik-ganda.

Atau bisa dicoba dengan menekan tombol Windows + E secara bersamaan. dan Windows Explorer akan terbuka. lalu Temukanlah path ini :
C:\WINDOWS\System32\Restore
Lihat pada kolom [Name], klik-ganda file [ rstrui.exe ].

Nah, sekarang jendela Welcome System Restore sudah terbuka bagi anda, tinggal memanfaatkannya untuk mengembalikan desktop menjadi normal kembali.
Pilih tanggal tercetak tebal, sebelum tanggal saat problem muncul. Agar lebih jelas, silahkan membaca halaman tentang System Restore ini, yang berisi tentang apa & bagaimana menggunakan System Restore secara benar.

Diatas saya sebutkan bahwa penyebabnya adalah virus, maka setelah desktop kembali normal, secepatnya lakukan scan menggunakan antivirus yang anda sukai, yang penting database nya terupdate (kalau saya menggunakan AVIRA).

Setelah semua "selesai", saya menyarankan untuk melakukan Reset System Restore, ini untuk menghapus Restore Point (RP) lama (yang biasanya banyak mengandung virus) dan menggantinya dengan RP yang baru, yang sudah bersih. 

Yang mungkin perlu Anda baca dan pelajari adalah :
- Me-Reset System Restore
- Lebih Tahu System Restore 1
- Lebih Tahu System Restore 2
- System Restore Error

(id.shvoong.com)

Semoga bermanfaat...!



18 comments:

  1. Anonymous04:03

    gimana caranya dapat administrator id nya gan?

    ReplyDelete
  2. Anonymous20:19

    @Anonymous : Maksud anda administrator id apa?

    ReplyDelete
  3. Kok di suruh pilih bhasa gan, trus user name sma password

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous17:28

      coba pilih bahasa inggris dan username/passwordnya masukan yang pernah anda masukan pada pengaturan login screen. (apa pernaha mengaturkan menggunakan username password?)

      Delete
    2. Jadi gini ka laptop saya kan kena black screen gitu trus saya ǰϋğα udah ngikutin saran di atas nah Ɣɑ̤̥̈̊ήҨ bikin saya bngung itu System Recovery Options nya minta username sama password sedangkan saya sama sekali ga tau username sama passwordnya itu apa..tolong kasih solusinya ya ka. Makasih sebelumnya :)

      Delete
  4. Kok di sruh pilih bahsa gan, trus user name sma password

    ReplyDelete
  5. Jadi gini ka,Laptop saya kan kena Black screen gitu nah saya ǰϋğα udah coba cara Ɣɑ̤̥̈̊ήҨ di atas tapi Ɣɑ̤̥̈̊ήҨ bikin saya bngung itu System Recovery Options nya minta username sama password sedangkan saya sama sekali ga tau username sama passwordnya itu apa.. Tolong kasih solusinya ya ka.. Makasih sebelumnya:)

    ReplyDelete
  6. Jadi gini ka laptop saya kan kena black screen gitu trus saya ǰϋğα udah ngikutin saran di atas nah Ɣɑ̤̥̈̊ήҨ bikin saya bngung itu System Recovery Options nya minta username sama password sedangkan saya sama sekali ga tau username sama passwordnya itu apa..tolong kasih solusinya ya ka. Makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  7. Anonymous16:15

    kalo download software dlu masukin programnya ke laptop yg black screen gimana caaranyaaa?

    ReplyDelete
  8. Anonymous14:04

    Cara pertama tidak berhasil, cara kedua sy tidak mengerti cara kerjanya..

    ReplyDelete
  9. Anonymous23:29

    Saya mengalami masalah bsod ini :( Apabila di log on dekstop nya hilang :'( hanya ada mouse dan keybodnya tidak berfungsi . Apabila saya masuk ke safe mode perkara yang sama berlaku Tapi kali kebodnya bisa dipakai . Tolong saya kerana laptop ini bukan milik saya . Adakah masalah saya adalah Bsod ?

    ReplyDelete
  10. ijin copas bang...

    ReplyDelete
  11. Terima kasih agan, Alhamdulillah problem blackscreen laptop saya teratasi dengan cara pake fixshell.exe. moga agan SUKSES selalu Amin.

    ReplyDelete
  12. Alahamdulillah,, masalah laptopku yang tadinya black screen, yang ada cuma kursor yang tak tau mau diarahkan kemana, tentunya ini bikin pusing kepalaku sekarang sudah teratasi.
    Thanks Sob...
    Postinganmu sangat membantu sekali...

    ReplyDelete
  13. Anonymous23:17

    Makasih bang artikelnya membantu sekali.. sekarang laptop ku dah bisa di pake kaya biasanya.. semoga ada artikel yang lebih bermanfaat lagi dan semoga abang sehat selalu..

    ReplyDelete
  14. Anonymous23:19

    Alhamdulillah laptop saya bisa normal kembali makasih untuk artikel nya.. sangat membantu
    Jangan menyerah dan terus berkarya bang..

    ReplyDelete
  15. Gimana cara downloadnya kan laptopnya blank.

    ReplyDelete