Bersenang-senanglah di Dunia Maya dan Dunia Nyata

Tuesday, July 30, 2013

Cara Mudah Membuat Direct link Download Di Google Drive Manual

Pada Kesempatan kali ini saya akan membuat posting tentang Cara Membuat Direct link Download Di Google Drive. Saya sangat senang sekali nih bisa memosting ini karena mod saya lagi senang hihi :). Lagian sekarang juga bulan ramadhan, agar saya mendapatkan pahala yang berlipat ganda begitu juga pembaca dan sumbernya amin. Dan saya mendapatkan referensi ini dari blogger yang baik hati yaitu masihbelajarnih.blogspot.com alamat blognya masih belajar tetapi dia udah jago loh... jangan diremehkan hehe :).

Anda pasti sudah sangat tahu kan dengan yang namanya Google Drive...? Sebuah layanan penyimpanan berbasis awan dari Mbah Google, yang dirilis sekitar awal 2011 atau 2012 ya? lupa lagi nih... Untuk bisa menggunakan Google Drive lebih dari sekedar tempat penyimpanan semata dan ingin berbagi dengan teman-teman. Ok langsung kita masuk ke poin postingan ini. Langsung saja:

1. Karena ini berhubungan dengan Google Drive maka silahkan masuk ke Drive kalian masing-masing klik DISINI (Tenang bukan JEBMEN)
2. Silahkan Upload File-File yang ingin dishare dan diambil link downloadnya agar menjadi direct link atau link download langsung (tanpa perantara maksudnya)
3. Klik kanan pada File tersebut  -> Bagikan
4. Nanti akan muncul tampilan mirip pop up tapi bukan pop up.
5. Sekarang kita lanjut ke langkah selanjutnya atau lebih tepatnya ketika muncul tampilan seperti pop up tadi.
6. Nah Kelihatan kalau File di drive google itu masih bersifat pribadi (hanya anda saja yang bisa berbagi), maka tugas kita adalah mengubah privasi dan visibilitas file itu menjadi publik di web, caranya klik tulisan ubah , nanti akan muncul pengaturan.
7. Dan lihatlah privasinya sudah saya ubah ke Publik di Web , itu menandakan bahwa file tadi sudah bisa diakses orang luar disamping menandakan kalo saya orangnya tidak kikir dan sederhana, karena dengan senang hati sudah mau berbagi File, Lalu sekarang silahkan kalian simpan pengaturan tersebut dan tinggal copy URL file tadi.
8. Lihat ke bagian yang saya block (warna biru maksudnya), itu adalah URL-nya , dan berikut ini adalah URL lengkap dari File yang saya pilih tadi :

https://docs.google.com/file/d/0Bw83AsmadRVSWkUyX1pfWG1LUkk/edit?usp=sharing

Tapi INGAT link ini masih belum direct link!!! maka dari itu ikuti langkah sampai selesai...!

9. Supaya menjadi direct link, hanya struktur URL-nya yang harus kalian ubah menjadi seperti berikut :

https://docs.google.com/uc?export=download&id=KODE FILE

10. Nah jadi setelah kalian mengubah struktur URL-nya menjadi seperti dilangkah nomor 9 maka hasil yang didapat adalah seperti ini :

https://docs.google.com/uc?export=download&id=0Bw83AsmadRVSWkUyX1pfWG1LUkk
SELESAI.

Begitulah caranya , tapi mungkin diantara kalian ada yang merasa rumit dan pusing cyin... dengan cara manual seperti ini, oleh karena  itu diblog ini sudah saya buat postingan Cara Membuat Direct link Download Di Google Drive Otomatis, KLIK DISINI (Belum dibuat)
(Sumber: Masihbelajarnih.blogspot.com)

Didukung oleh Google
Terima kasih,
Diaz



7 comments:

  1. Posting yg udah lama gw cari bro, mau praktikin dulu nih, makasih moga dapet 1000 berkah, amin

    ReplyDelete
  2. Manjur banget bro, izin copas yaa?

    ReplyDelete
  3. mantap & juga nice artikel gan,, .

    gan, kunjungan baliknya d.tunggu y gan
    nurulhedayat.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. google code gak sukses, saya coba pake google drive dan sukses, thx infonya gan

    ReplyDelete
  5. Anonymous04:11

    tapi harus login gan .. haha

    ReplyDelete
  6. Anonymous11:24

    This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete