Bersenang-senanglah di Dunia Maya dan Dunia Nyata

Wednesday, August 7, 2013

Prosesor Mobile Bisa Bersaing Pada Clock Speed 3.0 GHz Pada Tahun 2014


Ilustrasi Prosesor

Pada Kesempatan kali ini saya akan membuat posting tentang Prosesor Mobile Bisa Bersaing Pada Clock Speed 3.0 GHz Pada Tahun 2014Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) dan GlobalFounderies berharap telah memiliki chip mobile berbasis ARM generasi terbaru dengan fabrikasi 20nm pada 2014. Prosesor ini kabarnya mampu berpacu pada clock 3.0GHz.


Saat ini, prosesor yang berpacu pada clock 2.3GHz terbatas pada chip dengan fabrikasi 28nm, Snapdragon 800, dan Tegra 4i. Nah, untuk memperoleh kinerja yang lebih tinggi, kini para produsen tengah mengembangkan chip dengan fabrikasi 20nm. Demikian disadur dari Fudzilla.

Dengan mengaplikasikan fabrikasi 20nm, TSMC menjanjikan kinerja prosesor akan lebih cepat 30 persen dan 1.9 kali density yang lebih baik dengan 25 persen penggunaan daya yang lebih sedikit.

Menjanjikan 30 persen lebih cepat, maka System on Chip (SoC) berbasis ARM bisa berpacu  hingga 3GHz dengan penggunaan transistor yang lebih banyak untuk menyokong kinerja grafis.

Kemudian pendekatan 25 persen konsumsi daya berarti akan meningkatan 25 persen ketahanan baterai pada SoC generasi terbaru. SoC yang dibangun berdasarkan fabrikasi 20nm diharapkan bisa menjawab tantangan akan konsumsi daya pada smartphone.

Inovasi yang akan dihadirkan prosesor berbasis ARM diharapkan mampu bersaing dengan x86 yang dihadirkan Intel dan AMD, di mana chipset itu dirancang untuk menyokong smartphone dan tablet. Jika berjalan tanpa hambatan, pada akhir 2014 Intel mulai eksis dengan prosesor Atoms 14nm sedangkan AMD juga menawarkan fabrikasi yang sama dengan GlobalFounderies pada 2014.(okezone.com)


Didukung oleh Google
Sekian postingan Tentang Prosesor Mobile Bisa Bersaing Pada Clock Speed 3.0 GHz Pada Tahun 2014 
Terima kasih,
Diaz



0 Comment:

Post a Comment