Bersenang-senanglah di Dunia Maya dan Dunia Nyata

Sunday, August 18, 2013

Keuntungan Dan Kerugian Overclocking Pada PC

Pada Kesempatan kali ini saya akan membuat posting tentang Keuntungan Dan Kerugian Overclocking Pada PCOverclock pada komputer dapat diartikan/didefinisikan sebagai peningkatan kemampuan dan kinerja suatu hardware (perangkat keras) yang melebihi batas kemampuannya, dan meningkatnya lebih dari normal. intinya diatas normal. seperti misalkan Harddisk, Memory/RAM, VGA, atau Motherboard. Peningkatan kinerja tersebut berfungsi untuk memaksimalkan kemampuan/kinerja daripada hardware tersebut.



bahkan bila kita benar-benar tidak mengetahui dan memperhitungkan dengan matang, ada kemungkinan PC/laptop anda akan rusak dan tidak akan bekerja seperti semula.

Tetapi Overclock mempunyai keuntungan dan kelebihan yang memang bisa diharapkan. adapun kebaikan-kebaikan dari adanya proses overclocking tersebut antara lain :
kelebihan dan kekurangan Mempercepat Performa
Kecepatan pemrosesan PC akan naik drastis dan ini adalah keuntungan utama yang diperoleh oleh overclocking. Terutama bagi Penggemar game, penggemar perangkat keras komputer dan lain-lain, pastinya akan tertarik untuk melakukan overclock. Karena perangkat yang bisa dioverclock sejauh ini pada Processor, VGA, dan Ram, akan tetapi setiap komponen pc/laptop itu tidak selalu bisa dioverclock dan intinya bisa disebut memaksimalkan kemampuan hardware dan melebihi kemampuan hardware.

Ekonomis
Dari perspektif bisnis, overclocking adalah mengagumkan karena membuat sebagian besar investasi. Karena Dengan Overclock pc kita samadengan menaikan kemampuan hardware tanpa biaya tambahan, daripada kita harus membeli komponen/hardware-hardware. Intinya pc seharga 2 juta tetapi kemampuannya seperti pc seharga 6 juta.

Kerugian atau Kelemahan, maupun Kekurangan Overclocking adalah sebagai berikut ini:

Panas Berlebih
Karena Overclock, Sirkuit komputer itu berjalan pada kecepatan yang lebih tinggi dan akan menghasilkan panas lebih banyak. Jika peningkatan kecepatan sedikit, maka para fans yang ada dapat menangani panas tambahan, tetapi dalam banyak kasus sistem pendingin bisa kewalahan. Chip yang berjalan terlalu panas akan menderita kerusakan permanen. Biasanya Overclocker yang telah berpengalaman menangani panas, adalah dengan menambahkan fans lebih kuat atau sistem pendingin cair.

Kerusakan
Selain masalah yang berhubungan dengan panas, overclocking pada umumnya menjalankan risiko melebihi batas keselamatan yang dirancang ke dalam chip komputer. Sirkuit yang nyaris tidak menjaga pada kecepatan clock yang lebih tinggi, memungkinkan menyebabkan reboot spontan, sistem crash dan perilaku tak menentu lainnya (biasanya dalam os windows akan terjadi BSOD). Dalam lingkungan bisnis, ini umumnya tidak dapat diterima, karena masalah ini mengakibatkan penghentian, file akan rusak dan perbaikan mahal.

Keluar Biaya Tambahan
Overclock itu membutuhkan HSF yang baik dan PSU yang kuat. karena biasanya stock cooler yang ada di dalam paket processor tidak bisa narik sampai 4,5 GHz ,jadi saat overclock pun TDP processor juga bertambah, sehingga PSU juga harus kuat.

Meskipun overclocking dapat membantu Anda mendapatkan performa tercepat dari komputer Anda, namun kerugian dari overclock tidak sering terlihat dalam bisnis sehari-hari. Secara khusus, overclocking bisa kompromi keandalan suatu PC. Risiko pecandu komputer rumah dengan mudah dapat mengambil,dan tapi tidak satu pemilik bisnis yang akan rela memikul. Bisnis pengguna cenderung konservatif, lebih memilih mesin diandalkan atas yang cepat.

~ Jadi Lakukanlah Overclocking Dengan Bijak ~
Diaz Zahran Asy'ari

Didukung oleh Google
Sekian postingan Tentang Keuntungan Dan Kerugian Overclocking Pada PC
Terima kasih,
Diaz



1 comment:

  1. Kunjungan pertama kawan. wah tips share button dah diterapin di blog ini. he he..

    tunggu beberapa hari lagi ntar ane mo ngeshare lagi tombol like facebook ma g+ yg sama persis diblog ane tanpa iframe dan ringan pastinya, ckarang lagi sibuk eui.

    ReplyDelete